dia bisa , masa aku ga bisa?

Tidak suka pada pelajaran bisa disebabkan:
1. Tidak menemukan daya tarik dari pelajaran itu.
2. Merasa disulitkan oleh pelajaran tsb.
3. Merasa tidak mampu mengejar ketertinggalan karena dulu kurang perhatian thd pelajaran ini, atau
4. Menganggap pelajaran tsb tidak penting.
Sekedar saran;
*** setiap pelajaran pastinya memiliki daya tarik sendiri2, mungkin dari sisi kegunaannya, tantangannya, kebutuhan kita. misal: fisika bisa membantu kita merancang alat yang bisa bermanfaat untuk orang lain atau dijual, bagi orang2 tertentu fisika adalah tantangan untuk mereka membuktikan apakah rumus tersebut benar dan tantangan hal baru apa yang bisa mereka temukan,
***fisika tidak lah begitu sulit, kalau tidak percaya coba kerjakan ini :
Ali menempuh jarak 20km dalam waktu 1 jam, berapa kec ali? ( rumus v= x/t ) Mudah bukan,
Kalian akan berkata, ” emang soalnya terlalu mudah “. Kalian benar, fisika mudah ketika kita telah memahami konsep dari fisika ( v adalah jarak yang ditempuh tiap satuan waktu ), ini akan menjawab, ” mengapa walau kita telah menghafal rumus tapi tetep g bisa ngerjain?” trus gimana cara kita memahami konsep ?
Maaf tapi yang mampu memahami konsep hanya “orang2 tertentu”,
mereka adalah orang2 yang “mau” & “tak putus asa” untuk mempelajari ilmu tsb. ( wah, saya telah belajar terus tapi kenapa tak bisa2? jawabku, bukankah kata2mu adalah keputusasaan? )
solusi putus asa cari motivator ( jangan Pacar ), tambahan dari saya ketika menghadapi kesulitan jangan bertanya ” apa yang salah denganku?, kenapa aku ga bisa?, tak mampukah diriku?” tapi bertanyalah ” apa yang salah dengan ini?, mengapa hal ini dikatakan salah?, bagaimana memperbaiki kesalahan ini?”.
“Jangan rendahkan dirimu, tantanglah dirimu untuk mengalahkan keterbatasanmu”.

**tambahan:
vitamin dalam belajar ilmu eksak dan atau ilmu yang butuh logika dan cara berpikir yang sistematis adalah dengan “banyak mengerjakan soal”. walaupun ketika mengerjakan soal lihat rumus terus juga g pa pa, karena dengan “membaca, berpikir,dan menulis”, kita telah sedikit demi sedikit memahami ilmu tsb dan menggunakan ilmu tsb. Dan ketika kalian telah bisa tetaplah belajar karena ” dunia ini penuh tantangan jadi apa yang kalian bisa sekarang masih banyak tantangan yang belum selesai”.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s